SEKILAS INFO
  • 1 tahun yang lalu / Selamat datang di situs website resmi Lazismu Batang
WAKTU :

Monitoring Program Penggemukan Kambing, Lazismu Batang : Hasilnya Menggembirakan.

Terbit 27 Mei 2021 | Oleh : lazismubatang | Kategori : Berita
Monitoring Program Penggemukan Kambing, Lazismu Batang : Hasilnya Menggembirakan.


Program yang diujicobakan LAZISMU Batang bersama Kelompok Ternak-Tani “Suket Ijo” Desa Sodong dalam waktu dua bulan alhamdulillah menghasilkan data cukup menggembirakan. hal ini diketahui ketika monitoring program yang dilakukan oleh staf program bersama tim pendamping serta turut hadir langsung direktur lazismu. jumat, (21/05)

Dari lima ekor kambing yang dirawat anggota, bobot kambing bertambah antara 2 sd 6 kg per ekor. Saat ini harga daging per kilo Rp. 50 rb. Dari data ini, satu ekor kambing menghasilkan Rp. 100 sd 30O rb per dua bulan. Perkembangan ini akan terus dipantau lewat pendampingan, tiap bulan peternak diberi penyuluhan tentang sistem beternak yang memenuhi standar oleh Dinas terkait dan peternak profesional. Harapannya, peternak bisa meningkatkan kinerja dan penghasilan.

tim pendamping melakukan penimbangan untuk melihat penambahan berat hewan


Saat ini LAZISMU Batang memberikan stimulus modal awal lima ekor kambing kepada kelompok Suket Ijo, yang dipelihara bergulir. Selain itu, LAZISMU Batang juga berupaya mencarikan investor untuk meningkatkan produksi dengan sistem “gaduh” bagi hasil. Laba penjualan dibagi tiga: 50 persen untuk pemelihara 40 persen untuk investor dan 10 persen untuk kelompok. Ikhtiar ini diharapkan dapat memotivasi para peternak untuk berusaha lebih intensif.


Suket Ijo, dengan visi-misi: Sabar Ulet Kreatif Ekonomis Terampil (SUKET) berbekal Ilmu Jujur Optimis (IJO) berusaha mendorong warga lebih mencintai dan mensyukuri usaha sesuai potensi diri dan lingkungannya.
Desa Sodong secara geografis memiliki potensi yang mendukung kegiatan peternakan dan pertanian dengan kondisi tanah subur dan iklim cocok.

“Kami berusaha memudahkan peternak dalam berusaha. Kambing kami datangkan sampai kandang, jika sudah ada hasil kami jemput untuk dijual kemudian didatangkan kambing lagi, demikian seterusnya, ” Kata Muntoro, direktur LAZISMU. (fam)

SebelumnyaJelang Lebaran, Lazismu dan PCM Gringsing Bagikan Paket Sembako dan Zakat Fitrah SesudahnyaAksi Bersama Palestina, AMM Batang lakukan Galang Donasi

Berita Lainnya

0 Komentar